foto1
foto1
foto1
foto1
foto1
Paroki HTB SP Maria
Jl. Merbabu No.24
Boyolali 57311



Paus Fransiskus Adakan Misa Kamis Putih 2017 di Penjara Paliano

Oleh Royani Lim

 April 10, 2017

Paus Fransiskus membasuh kaki kaum difabel dan kemudian menciumnya saat Perayaan Kamis Putih. (Ist)

 KAMIS Putih 2017 lusa depan ini akan diperingati Paus Fransiskus di Penjara Paliano yang terletak di selatan Kota Roma. Dalam acara Pembasuhan Kaki,  Paus akan mencuci kaki 12 narapidana yang sedang menjalani masa tahanan di penjara tersebut.

Penjara Paliano berlokasi di dalam sebuah benteng besar, terkenal sebagai penjara bagi mafia yang menjadi collaborator justice. Penjara yang terletak di puncak bukit antara Monte Scalambra dan Pegunungan Lepini ini ini memiliki fasilitas pengamanan tingkat tinggi.

Pada hari Kamis Putih pertama sebagai Paus di tahun 2013, Paus Fransiskus mengunjungi pusat tahanan remaja Casal del Marmo di Kota Roma dan merayakan misa di sana. Pada saat upacara pembasuhan kaki saat itu, untuk pertama kalinya seorang paus membasuh kaki perempuan dan non-Kristen.

Mendobrak tradisi

Peristiwa ini menghebohkan dunia karena pada saat itu, menurut hukum liturgis, hanya laki-laki yang boleh dibasuh kakinya saat upacara Pembasuhan Kaki. Walaupun praktik mencuci kaki perempuan telah dilakukan di sejumlah kecil paroki di dunia, keberanian Paus Fransiskus mendobrak tradisi tersebut secara terbuka mendapat pujian dari masyarakat dunia.

Secara resmi, akhirnya pada tahun 2016,  Kongregasi Kepausan yang mengatur ibadat dan sakramen mengeluarkan aturan yang memungkinkan imam mencuci kaki perempuan di ritual liturgi Kamis Putih.

 Kamis Putih 2014 diperingati Paus Fransiskus di pusat difabel Don Gnocchi. Pada 2015, Paus mengunjungi penjara Rebibia, sedangkan pada 2016 Paus merayakannya bersama pencari suaka di Castelnuovo di Porto.

Friday

Pengunjung

11889
TodayToday10
YesterdayYesterday50
This_WeekThis_Week208
This_MonthThis_Month1114
All_DaysAll_Days11889